Label

Kamis, 06 Oktober 2011

BASMALAH CINTA


BASMALAH CINTA

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/27/Basmala.svg/270px-Basmala.svg.png

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

Basmalah (bahasa Arab: بسملة) adalah bahasa Arab yang digunakan untuk menyebutkan kalimat Islam bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi. Kalimat ini tertera dalam setiap awalan Surat di dalam Al-Qur'an, kecuali Surat At-Taubah. Juga diucapkan setiap kali seorang Muslim melakukan salat, juga memulai kegiatan harian lainnya, dan biasanya digunakan sebagai pembuka kalimat (Mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di negara-negara Islam. Kalimat Basmallah juga pernah ditulis pada zaman Nabi Sulaiman untuk ratu Bilqis sesuai dengan informasi dalam Al Qur'an yaitu di surat 27 ayat 30.
Bismillah (بسم الله) berasal dari bahasa arab yang berarti "Dengan menyebut nama Allah )". Bacaan ini disebut Tasmiyah dan bagi orang Islam sangat dianjurkan membacanya untuk memulai setiap kegiatannya. Sehingga apa yang dikerjakan diniatkan atas nama Allah dan semoga mendapatkan restu atas pekerjaan tersebut. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas).
Basmalah tidak hanya sekedar ucapan lisan tetapi juga di dalamnya terkandung doa dan nilai-nilai Islam. Setiap apa pun yang akan kita lakukan sebagai umat Nabi Muhammad, Bismillah adalah satu-satunya ucapan yang mengawali kegiatan tersebut. Ketika mau makan, keluar rumah, mengambil sesuatu, berwudhu, masuk rumah, mau tidur, dan lain-lain. Dengan pengharapan bahwa aktivitas tersebut diridhoi Allah S.W.T.
Bismilah pun mengalir seperti air yang mengairi jiwa kaum muslimin. Seperti nur melintasi ruh-ruh yang dilanda kegelapan. Seperti langit biru yang membuat bumi berasa teduh. Basmalah, ungkapan cinta yang takkan pernah putus terlisankan.
Dengan Bismillah kekuatan dan kepercayaan diri akan bangkit, karena dari sanalah cahaya Allah Ta’ala akan menembus hati-hati manusia. “Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu” Begitu kita dianjurkan memulai segalanya dengan Basmalah. Hingga desah nafas orang-orang bertaqwa menyemburkan Basmalah-basmalah cinta yang bercahaya.
Dengan mengucap Bismillah hati pun terasa lapang dan damai karena kita merasa bahwa Allah ‘Azza wa Jalla meridhai urusan-urusan kita. Hidup adalah kesempatan untuk mengabdi di jalan-Ny. Jika langkah direstui Allah maka segala hal pun terasa mudah dan indah serta bermanfaat. Lewat Basmalah pun kita temui kasih sayang Allah.
Begitu besar kekuatan Basmalah, yang di dalamnya terkandung tanda-tanda kebesaran Allah. Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Dua safir yang menerangi jalan umat Muhammad hingga akhir zaman. Mari mulai dengan Bismillah!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar